Cara Membuat Bootable USB untuk Instal Ulang Windows

Cara Membuat Bootable USB dengan Rufus

Bootable USB merupakan media installasi yang tidak asing lagi bagi seorang teknisi komputer. Teknik yang satu ini di gunakan sebagai pengganti media instal ulang windows, apabila PC/laptop kita tidak mempunyai CD/DVD ROM, selain itu dengan menggunakan bootable USB proses installasi akan jauh lebih cepat dan stabil di banding dengan menggunakan DVD. 

Untuk membuat bootable USB caranya cukup mudah, tidak perlu skill yang tinggi dan juga skill master, cukup skill yang sudah terbiasa saja. untuk lebih detail mengenai cara-caranya silahkan simak tutorial di bawah ini.

#1 Cara Pertama : Aplikasi Rufus

Cara yang pertama adalah dengan menggunkan aplikasi Rufus, untuk aplikasinya sendiri dapat di unduh  disini atau bisa juga disini.

Langkah-langkah untuk membuatnya  yakni:

Pertama, siapkan file ISO installer windows (untuk mendapatkannya silahkan kunjungi disini) selanjutnya tancapakan media USB pada PC/laptop anda.

Kemudian buka progam Rufus.exe yang telah di unduh tadi.

Kedua, pilih device yang akan di gunakan untuk media installer pada kolom pertama, selanjutnya pilih type partition scheme pada kolom kedua.

Untuk kolom kedua ini silahkan pilih sesuai dengan partition disk yang anda gunakan. Apabila Partition disk anda MBR maka pilih pilihan pertama, namun apabila partition disk anda GPT maka pilih pilihan yang ketiga.

Cara Membuat Bootable USB

Ketiga, pilih NTFS pada kolom file system kemudian pilih 4096 bytes (Default) pada kolom cluster size. Selanjutnya beri nama pada kolom New volume label sesuai keinginan anda.

Bootable USB

Keempat, ceklis pada pilihan Quick format, Create a bootable disk using, dan create extended label and icon files. Kemudian pilih pada pilihan Create bootable disk using dengan ISO image dan klik tombol disampingnya lalu pilih di mana anda menyimpan file ISO installer tadi. 

Bootable USB dengan Rufus

Kelima, klik start kemudian akan ada peringatan format USB secara permanemt, pilih yes/oke saja dan tunggu sampai selesai.

Cara Membuat Bootable USB dengan Rufus

Sampai disini maka untuk cara membuat bootable USB yang pertama sudah selesai.

Keterangan : Jika anda masih bingung mengenai pengaturan rufus pada kolom partition scheme maka bisa melihat beberapa settingan di bawah ini :

1. Jika PC/laptop memiliki partisi jenis hardisk MBR dan memakai sistem booting BIOS ataupun UEFI, maka settingan rufus bisa seperti ini

Pengaturan rufus

2. Jika PC/laptop memiliki partisi jenis hardisk MBR dan memakai sistem booting UEFI saja, maka settingan rufus bisa seperti ini

Pengaturan rufus

3. Jika PC/laptop memiliki partisi jenis hardisk GPT dan memakai sistem booting UEFI, maka settingan rufus bisa seperti ini

Pengaturan rufus


#2 Cara Kedua : ZOTAC WinUSB Maker

Cara kedua yaitu dengan menggunakan software ZOTAC Win USB maker, untuk mengunduh aplikasi ini silahkan klik disini.

Langkah-langkah untuk membuatnya yakni :

Pertama, matikan antivirus di PC/Laptop anda, kemudian siapkan file ISO installer dan selanjutnya tancapakan media USB pada device anda. Kemudian jalankan aplikasi ZOTAC WinUSB maker.exe

Kedua, drag and drop USB device anda ke software ZOTAC Win USB maker, selanjutnya drag and drop pula file ISO ke aplikasi ZOTAC Win USB maker tersebut.



Ketiga, klik tombol Make USB Bootable. Kemudian akan ada peringatan format USB secara permanemt maka pilih yes/oke saja, selanjutnya tunggu sampai selesai prosesnya.



Jika proses copying telah selesai maka file USB bootable telah selasai dan siap untuk di gunakan.

Untuk membuat bootable USB anda disarakan untuk menggunakan Flashdisk kosong berkapasitas minimal 4 GB dan untuk Memori Card Kosong Minimal 8 GB.

Itu tadi merupakan tutorial untuk membuat bootable USB, apabila masih ada kesulitan dalam mempraktikannya silahkan bertanya di kolom komentar yang telah tersedia. Oke cukup itu saja dari saya. Terimaksih, dan sampai jumpa lagi di tutorial-tutorial selanjutnya.

Berlangganan via Email

Related Post