Cara Mengembalikan Data Terhapus (Hilang) pada Harddisk dan Flashdisk

Mengembalikan Data Terhapus pada Harddisk dan Flashdisk

File, folder dan dokumen yang sudah tidak digunakan biasanya sesegera mungkin akan kita hapus dari PC atau Laptop. Namun apa jadinya kalau file penting yang masih digunakan secara tidak sengaja terhapus? Mungkin kalau file itu berada di dalam recycle ben masih bisa untuk di restore atau di selamatkan.

Akan tetapi apabila file tersebut sudah tidak di recycle ben maka kemungkinan besar tidak bisa untuk di restore kembali. Kemudian apa yang harus dilakukan kalau file penting yang kita miliki terhapus secara tidak sengaja dan tidak tersimpan di recycel ben? Mungkin jika kita di dalam kondisi saat seperti itu akan sangat panik, karena sebuah data yang begitu penting seketika hilang begitu saja.

Salah satu cara yang dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan merecovery file. Meskipun cara ini memang tidak bekerja 100% mutakhir, akan tetapi bisa di bilang 97% dapat mengatasi masalah tersebut.

Langsung saja untuk cara merecovery data ataupun file yang sudah terhapus silahkan simak tutorial di bawah ini:

Pertama, unduh terlebih dahulu software EaseUS Data Recovery Wizard. Kita dapat mengunduh di website resminya disini atau bisa juga via google drive disini.

Setelah itu install dan jalankan aplikasi tersebut.

Kedua, setelah aplikasi tersebut terbuka maka ceklis pada jenis data yang ingin di recovery, mungkin bisa video, audio, atau mungkin gambar, terserah dari kebutuhan yang diinginkan. Jika tidak mau bertele-tele maka langsung ceklis pada pilihan "All File Types" saja. Setelah itu klik "Next".

Mengembalikan Data Terhapus pada Harddisk dan Flashdisk

Ketiga, kemudian pilih drive dimana data sebelumnya tersimpan, mungkin bisa drive D:, E: atau bisa juga pada USB flashdisk. Setelah memilih drive yang di tentukan maka klik "Scan".

Mengembalikan Data Terhapus pada Harddisk dan Flashdisk

Selajutnya proses scanning data yang telah terhapus akan berjalan (kita tunggu saja).

Mengembalikan Data Terhapus pada Harddisk dan Flashdisk

Keempat, setelah proses scanning selesai maka cari file yang ingin di recovery, bisa di dalam folder "LostFiles" atau mungkin folder "$RECYCLE.BIN" tergantung dari letak dan waktu file yang terhapus tadi.

Mengembalikan Data Terhapus pada Harddisk dan Flashdisk

Jika masih tidak menemukan data yang di cari, maka kita bisa menggunakan fitur "deep scan" untuk memperdalam pencarian file yang terhapus, namun demikian dengan menggunakan deep scan ini maka proses pencarian scan data akan berjalan begitu lama, sehingga kita harus sabar untuk menunggunya.

Setelah file yang ingin di recovery ketemu maka klik tombol "Recovery", kemudian akan muncul jendela untuk memilih drive yang akan di gunakan untuk menyimpan file hasil recovery. Selanjutnya klik "Save" dan tunggu prosesnya.

Mengembalikan Data Terhapus pada Harddisk dan Flashdisk

Terkhir, setelah proses recovery selesai maka secara otomatis akan keluar jendela windows explorer dan menunjukan file yang tadi telah terecovery. Selanjutnya tutup program EaseUS Data Recovery Wizard.

Sampai disini maka proses untuk mengembalikan data yang telah terhapus sudah teratasi. Perlu diingat lagi, tidak semua data yang terhapus dapat di selamatkan dengan cara recovery ini. Terkadang ada beberapa data yang jika di recovery tidak dapat pulih seperti semula, tetapi malah corrupt. Jadi pada intinya tetaplah berhati-hati dalam menghapus file maupun dokumen, jangan sampai kita mengapus file yang seharusnya itu tidak perlu di hapus.

Mungkin itu saja tutorial untuk mengembalikan file yang telah terhapus (hilang), bila masih bingung dengan cara diatas maka tanyakan di kolom kometar bawah ini. Cukup demikian dari kami, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Berlangganan via Email

Related Post