Cara Menghapus Folder Windows.old Setelah Upgrade dan Reset Windows

Cara Menghapus Folder Windows.old

Ketika menggunakan windows pada perangkat PC atau laptop maka kita tidak akan jauh dari yang namanya upgrade, downgrade atau mungkin reset. Ketika kita melakukan semua hal tersebut pasti akan menjumpai sebuah folder baru pada partisi sistem (C:), folder tersebut yakni windows.old, folder ini biasanya berisi data-data lama yang secara otomatis terbackup pada saat proses reset, upgrade, maupun downgrade.

Biasanya folder windows.old yang terbentuk ukuranya sangat besar, tidak tanggung-tanggung terkadang ukurannya mencapai lebih dari 10GB, tergantung dari file lama yang kita simpan. Hal ini tentunya membuat penyimpanan pada partisi sistem kita semakin menipis.

Sebenarnya apakah folder windows.old ini masih digunakan oleh sistem operasi? dan apakah akan membuat sistem rusak ketika dihapus? Folder windows.old sebenarnya masih bisa digunakan pada windows, seperti misalnya ketika kita melakukan upgrade sistem tetapi tidak begitu suka dengan peformanya, maka secara berat hati kitapun melakukan downgrade, dan ketika melakukan downgrade tersebut maka folder windows.old yang terbentuk tadi masih digunakan. Akan tetapi jika kita tidak berkeinginan untuk downgrade dan ingin memperbesar ruang pada partisi sistem maka tidak masalah untuk menghapus folder tersebut.

Terkadang untuk mengahapus folder windows.old tidak bisa dengan melakukan klik kanan dan delete, karena pada dasarnya folder ini masih memiliki akses admin, jadi tidak sebarang cara dapat menghapusnya. Untuk menghapus folder ini kita dapat mengunakan fitur disk clean-up yang berada pada file explorer.

Untuk lebih lengkap mengenai cara menghapus folder windows.old, silahkan simak tutorial di bawah ini;

Pertama, buka File Explorer, kemudian masuk ke disk pasrtisi sistem (C:). Kemudian klik kanan pada ruang kosong setelah itu pilih "Properties".

Cara Menghapus Folder Windows.old

Kedua, pilih pada tab general dan setelah itu klik "Disk Clean-Up".

Cara Menghapus Folder Windows.old

Setelah jendela disk clean-up terbuka maka ceklist semua option termasuk windows.old pada kolom Files to delete. Kemudian klik tombol "Clean up system files", nanti akan muncul jendela proses cleaning (kita tunggu saja).

Cara Menghapus Folder Windows.old

Ketiga, setelah proses selesai maka akan keluar jendela Disk Clean-Up lagi, kemudian setelah itu ceklis semua pilihan yang ada termasuk windows.old pada kolom Fies to delete. Selanjutnya klik "OK".

Cara Menghapus Folder Windows.old

Nanti akan muncul jendela peringantan Disk Clean-Up maka pilih "Delete Files" dan tunggu prosesnya.

Cara Menghapus Folder Windows.old

Terakhir, seteleh proses delete selasai maka klik "OK",

Cara Menghapus Folder Windows.old

dan setelah itu folder windows.old yang tadi ada sekarang sudah terhapus dan ruang peyimpanan pada sistem akan bertambah longgar.

Apabila cara menghapus folder windows.old di atas tidak bisa, maka anda bisa mencoba cara lain yang ada disini.

Itu saja tutorial untuk menghapus folder windows.old, mungkin apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

Berlangganan via Email

Related Post