Cara Membuat Barcode di Microsoft Office Word dengan Mudah


Pada kesempatan kali ini kita akan membuat barcode dengan mengunakan Microsoft Office Word. Barcode atau kode batang tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita, barcode biasanya kita jumpai pada tiap kemasan produk yang dijual baik di toko, retail, minimarket, serta warung yang menyediakan makanan atau minuman dan lain sejenisnya yang memiliki kemasan serta di produksi oleh perusahaan.

Barcode adalah sebuah kode berbentuk baris tegak lurus tebal tipis yang berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah produk tertentu. Dengan adanya barcode tentu akan sangat membantu sebuah minimarket atau toko yang sudah menerapkan komputerisasi pada bagian pembayaran di kasir. Ditambah lagi dengan menggunakan pembaca barcode atau barcode scanner sebuah transaksi pada toko tersebut akan bertambah lebih cepat dan efisien.

Selain untuk proses penjualan sebenarnya barcode juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain, misalnya bisa untuk identifikasi kartu perpustakaan, kode buku, kartu karyawan sebuah perusahaan, kartu pelajar, dokumen-dokumen yang bersifat penting, tiket dan masih banyak lainnya.

Untuk membuat barcodepun caranya juga cukup mudah, kita tidak perlu menggunakan software tambahan pada Microsoft Office kita, cukup hanya menginstall font yang support dengan barcode.

Jika anda tertarik untuk membuat barcode pada Microsoft Office Word anda bisa menyimak tutorial di bawah ini;

Pertama, untuk membuat barcode dengan Microsoft Office Word kita harus mengunduh dan menginstall font yang support barcode terlebih dahulu. Untuk font barcodenya kita bisa mengunduh disini atau disini.

Selanjutnya setelah terunduh maka install font tersebut. Cara menginstallnya cukup klik kanan pada font tersebut kemudian pilih install, atau bisa juga dengan double klik font tersebut hingga terbuka dan pilih install.

Cara Membuat Barcode di Microsoft Office Word

Kedua, Setelah font tersinstall maka selanjutnya buka aplikasi Microsoft Office Word. Kemudian masukan data berupa angka.

Setelah itu blok semua data angka tersebut, kemudian buka, cari, dan pilih jenis font barcode pada menu bar font yang telah kita install tadi.

Cara Membuat Barcode di Microsoft Office Word

Kemudian tulisan angka tersebut secara otomatis akan berubah menjadi menjadi barcode sesuai dengan yang kita inginkan.

Cara Membuat Barcode di Microsoft Office Word

Perlu di ingat, ada bebarapa jenis font yang tidak bisa langsung merubah data angka ke kode barcode, melainkan harus di beri tanda bitang terlebih dahulu pada awal dan akhir data angka tersebut. Seperti pada gambar diatas.

Itu tadi adalah cara mudah membuat barcode dengan mengunakan aplikasi Microsoft Office Word, apabila anda masih bingung dengan cara diatas, anda bisa bertanya di bagian kolom komentar. Cukup demikain dari kami, semoga bermanfaat, dan terimaksih telah berkunjung.

Berlangganan via Email

Related Post