Mengatasi Setup Was Unable to Create New Partition Saat Install Ulang

Mengatasi Setup Was Unable to Create New Partition Saat Install Ulang

Install ulang operating sistem merupakan sebuah solusi yang di lakukan ketika PC atau laptop kita mengalami masalah-masalah yang cukup serius, seperti gagal booting, sistem mengalami crash yang mengakibatkan PC atau Laptop bekerja tidak optimal, terjangkit virus yang sangat mengganggu, atau lainnya yang tentu tidak akan kami sebut satu-persatu.

Namun demikian ketika mengistall ulang sebuah perangkat PC atau laptop, pernahkah anda menjumpai sebuah masalah yang membuat jengkel atau kesal? Seperti setup was unable to create a new system partition or locale an existing system partition. Masalah seperti ini biasanya terjadi pada PC atau laptop yang memiliki hardisk baru (baru beli), namun tidak lepas dari konteks tersebut terkadang juga terjadi pada hardisk lama yang sudah kita gunakan.

Mengatasi Setup Was Unable to Create New Partition Saat Install Ulang

Kemudian apa penyebab dari masalah tersebut? dan bagaimana cara untuk mengatasinya?, sebenarnya akar dari masalah tersebut adalah karena adanya jenis partition berbeda yang tidak compotible pada sebuah harddisk sehingga membuat sistem partition tersebut menjadi error. Untuk mengatasi hal tersebut cukup menyetel ulang partition pada harddisk ataupun memformat harddisk tersebut.

Namun jika anda masih bingung dengan cara untuk menyetel ulang hardisk ataupun memformat harddisk, maka anda bisa menyimak tutorial di bawah ini:

#Cara Pertama : Melalui Bantuan PC lain

Cara yang pertama ini digunakan apabila kita memiliki lebih dari 1 perangkat PC atau laptop yang dapat kita gunakan untuk memformat harddiks yanag bermasalah tadi. Langsung saja cara-caranya yaitu

Pertama, lepas terlebih dahulu harddisk yang tadi bermasalah dari perangkat laptop atau PC.

Kedua, jadikan harddisk tersebut menjadi harddisk eksternal dengan menggunakan HDD case.

Perlu di ingat, HDD case untuk harddisk laptop dan PC biasanya berbeda jenis. Pada laptop bisanya mengunakan jenis harddisk 2,5" sedangkan pada PC mengunakan jenis harddisk 3,5". Untuk itu kita harus mengunakan HDD case yang sesuai dengan jenis harddisk kita.

Mengatasi Setup Was Unable to Create New Partition Saat Install Ulang

Ketiga, setelah menjadi harddisk maka hubungkan dengan laptop atau PC lain yang berjalan normal. Kemudian pindahkan (backup) semua data yang berada di harddisk bermasalah tadi ke penyimpanan lain yang lebih aman.

Keempat, buka program disk management dengan menekan tombol Windows + X pada keyboard kemudian pilih disk management.

Setelah disk management terbuka maka cari dan pilih pada harddisk yang bermasalah tadi kemudian klik kanan lalu klik pilihan "Delete Volume".

Mengatasi Setup Was Unable to Create New Partition Saat Install Ulang

Jika harddisk tersebut memiliki lebih dari 1 partisi maka kita harus melakukan delete volume pada tiap partisi harddisk sehingga hanya ada 1 partisi dengan nama unallocated.

Kelima, setelah harddisk telah terformat (delete) dan memiliki 1 partisi saja maka lepas harddisk tersebut dan keluarkan dari HDD case. setelah itu pasang kembali pada laptop atau PC kita tadi.

Terakhir, setelah harddisk terpasang masukkan CD/DVD instalasi windows dan lakukan proses intall ulang seperti biasa. Hingga sampai saat ini cara untuk mengatasi setup was unable to create a new system partition or locale an existing system partition teratasi.

#Cara Kedua : Menggunakan CMD dari Mode Boot

Untuk cara yang kedua ini kita gunakan apabila tidak memiliki perangkat PC atau laptop lebih dari 1. Bisa di bilang memperbaiki harddisknya dengan PC atau laptop yang harddisknya sedang error tadi. Langsung saja untuk tutorial mengatasi setup was unable to create a new system partition or locale an existing system partition, bisa menyimak dibawah ini:

Pertama, siapkan bootable DVD atau USB windows, untuk windowsnya  bisa 7, 8 atau 10. untuk membuat Bootabel USB bisa simak disini

Kedua, nyalakan PC atau laptop, kumudian masuk kebios dan atur boot priority pada bios ke USB atau DVD, tergantung dari media bootable yang akan kita gunakan nanti, kalau menggunakan bootabel USB (flashdisk) maka settingan pada boot priority bios pilihan pertama diganti dengan USB kemudian save.

Ketiga, restart PC atau laptop maka secara otamatis akan boot ke media bootable kita tadi.
Jika sudah masuk pada jendela pilihan languange maka tekan tombol SHIFT+F10 atau SHIFT+Fn+F10 secara bersamaan untuk membuka progam aplikasi CMD.

Mengatasi Setup Was Unable to Create New Partition Saat Install Ulang

Keempat, setelah CMD terbuka maka masukan atau ketikan perintah "diskpart.exe", selanjutnya ketik perintah "list disk", disini kita menentukan partisi yang akan kita gunakan nanti ketika menginstall windows.

Kelima, masukan peritah "select disk 0" (jika yang kita ingin install disk 0), selanjunya ketik perintah "clean" yang berfungsi untuk menghapus semua data yang ada pada hardisk tersebut, sehingga jika ingin data aman maka kita harus memindahkan (backup) data tersebut ke harddisk/media lain.

Keenam, masukan perintah "exit" dan "exit" lagi hingga jendela CMD keluar dan kembali ke jendela pilihan language tadi.

Terakhir, restart pc atau laptop dengan menekan cancel pada jendela language, kemudian boot PC atau laptop ke media bootable lagi setelah itu lakukanlah intall ulang seperti biasanya. maka masalah untuk setup was unable to create a new system partition or locale an existing system partition sudah teratasi.

Mungkin itu saja tutorial untuk mengatasi setup was unable to create a new system partition or locale an existing system partition, apabila masih bingung silahkan bertanya di kolom komentar. cukup demikian dan terimakasih.

Berlangganan via Email

Related Post