Mengatasi Windows Explorer Not Responding Tanpa Restart PC


Windows Explorer merupakan sebuah progam default yang di bawa oleh operating sistem Windows. Windows Explorer ini merupakan progam aplikasi sistem  yang sangat penting dalam kelangsungan kinerja windows, karena berfungsi untuk menata dan membentuk sebuah file pada pada sebuah komputer atau PC. Namun Karena satu hal, terkadang ada kalanya Windows explorer mengalami crash atau not responding. Mayoritas orang akan melakukan restrat PC secara keseluruhan saat windows explorer mengalami crash atau not responding, tetapi sebenarnya kita tidak harus melakukannya dengan repot-repot.

Lalu apa yang harus kita lakukan jika Windows explorer mengalami crash/not responding?

Kita bisa mengatasi not responding pada windows explorer ini tanpa harus merestart PC secara keseluruhan. Caranya yakni dengan menggunkan Task Manager. Untuk tutorial  lebih detailnya yakni;

Pertama, buka Task Manager dengan menenekan tombol CTRL + SHIFT + ESC atau bisa juga dengan menekan tombol CTRL + ALT + DEL dan pilih task manager,

Kedua, pada tab Processes cari dan pilih Windows Explorer, kemudian pilih restrart. atau bisa juga dengan memilih Windows Explorer kemudian klik kanan dan pilih restart.


Terakhir, layar akan mengalami gelap sesaat dan Windows Explorer telah selesai di restart tanpa merestart PC secara keseluruhan.

Cara ini tidak membuat data atau dokumen yang sedang di kerjakan hilang, jadi jika kita mengalami crash atau not responding pada windows explorer saat bekerja pada sebuah jendela maka cara inilah yang sangat kami rekomendisikan.

Mungkin itu saja tutorial dari kami, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Berlangganan via Email

Related Post